Menulis hal-hal kecil

Apa yang Anda pikirkan sebelum menulis? Apa saja tema yang hendak ditulis? Apa ide yang ada di pikiran saat ingin menulis? Sederet pertanyaan ini perlu dijawab. Beberapa teman yang pernah saya tanya tentang hal itu mengaku ingin menulis yang bagus, berharap bisa menulis yang mencerahkan, bisa menulis hal-hal besar

Mengapa kita harus menulis?

Saya pikir kita semua pernah menulis, minimal nulis SMS. Nah, tentu saja menulis SMS itu ada tujuannya. Dengan alasan itulah saya memposting tulisan ini ke blog. Siapa tahu kita jadi lebih semangat lagi dalam menulis. Berikut ini secara singkat saya ingin berbagi: “mengapa kita harus menulis?”

Lawanlah, meski dengan menulis

Saat-saat di mana kita tak memiliki tenaga untuk melawan, kita masih bisa menulis. Saat-saat di mana suara kita dibungkam, kita masih bisa menulis. Saat-saat fisik kita dipenjara, kita masih bisa menulis. Lakukanlah perlawanan, meski dengan hanya menulis.

Menulis melancarkan berbicara

Bagi Anda yang ingin bisa menulis, cobalah mulai dengan menuliskan hal-hal yang paling Anda sukai dan paling Anda kuasai. Saya selalu mengulang hal ini di setiap kesempatan karena manfaatnya insya Allah akan terasa sekali. Jangan putus asa pula. Jika gagal pada tulisan pertama, lakukan pada tulisan kedua, ketiga, keempat, bahkan kesepuluh dan mungkin saja keseratus.

Tulisan Ilmiah Populer, Kayak Gimana Sih?

Kalo kamu udah bisa membedakan dan membuat tulisan ilmiah dan populer, maka sekarang kamu belajar membuat tulisan ilmiah populer.

Gimana Sih Menulis Ilmiah?

Emang sih, kita yang nggak nyetel banget dengan dunia seperti itu bakalan kewalahan.