Cinta yang Pasti Berbalas

Menurut saya sih, satu-satunya cinta kita yang pasti berbalas adalah ketika kita mencintai kebenaran Islam. Islam yang sudah dijanjikan kemuliaannya oleh Allah Swt. ini rasa-rasanya nggak mungkin untuk mengecewakan kita (kalo kita yang mengecewakan Islam, kayaknya sangat mungkin deh. Semoga saja kita bukan termasuk golongan yang mengecewakan Islam itu). Cinta kepada kebenaran Islam pasti acintakan…

Continue reading Cinta yang Pasti Berbalas

Berbeda Tapi Tetap Bersatu

Yup, berbeda boleh. Sesama muslim kita boleh aja kok berbeda pendapat, asal pendapatnya memang berdasarkan dalil yang benar dan baik yang dilandaskan ajaran Islam. Tapi, jangan sampe membedakan diri dengan menjaga jarak dan menganggap mereka yang berbeda dengan kita harus dibabat habis dan dikucilkan, padahal mereka juga punya dalil untuk berbeda pendapat. Jadi, nggak usah…

Continue reading Berbeda Tapi Tetap Bersatu

Teguh dalam Kebenaran

Sobat muda muslim, teguh dalam mempertahankan kebenaran adalah bagian dari keikhlasan kita dalam berjuang. Maksudnya nih, kalo kamu jadi aktivis Rohis, terus ada yang ngeledikin or ada yang mencemooh tentang aktivitas kamu yang, ya pasti beda dong ama anak-anak lain yang nggak jadi aktivis Rohis. Kalo harus dijemberengin sih, intinya aktivis Rohis biasanya beda ama…

Continue reading Teguh dalam Kebenaran

Menyelamatkan Kaum Muslimin

Sobat, ini memang tugas kita untuk menyelamatkan saudara-saudara kita, sesama kaum muslimin. Bukan sok tahu, bukan pula sok jagoan, apalagi sok suci. Nggak. Kita mencoba empati dengan keadaan teman-teman kita yang masih berada dalam kegelapan. Bukan apa-apa, kita bisa begini ‘hebat’ tahu ini dan itu, juga dengan melalui proses yang amat panjang dalam hidup ini.…

Continue reading Menyelamatkan Kaum Muslimin

Waspadalah dengan Istidraj

Kadang kita merasa heran ketika melihat mereka yang berbuat maksiat itu banyak juga yang malah hidup enak. Hidup berkecukupan. Punya jabatan mentereng, mobil mewah, rumah megah, dan kekayaan melimpah. Kondisi hidupnya itu ditunjang karena hasil dari usaha membuka rumah judi, menjual minuman keras. Sementara kita yang insya Allah taat kepada Allah dan sepenuh hati melaksanakan…

Continue reading Waspadalah dengan Istidraj

Keluarga Taat Syariat

Sobat, memiliki keluarga itu menyenangkan dan membahagiakan. Ada ayah kita, ada ibu, kakak, adik, kakek-nenek—baik dari pihak ayah maupun pihak ibu, kerabat dari ayah, kerabat dari ibu. Kita tak kesepian. Jika kebetulan sedang bertengkar dengan adik, kita bisa nyari penyelesaian ke ayah, ibu, nenek-kakek atau kakak yang lain. Kita nggak bakalan kehabisan nasihat dan bimbingan…

Continue reading Keluarga Taat Syariat

‘Kolaborasi’ antara Iman, ilmu, dan amal

Keimanan yang kita miliki akan menjadi sia-sia jika tak memiliki ilmu. Itu sebabnya, kewajiban setelah kita beriman adalah mencari ilmu. Sabda Rasulullah saw.: “Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi pendalaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar.” (HR Bukhari) Rasanya perlu juga mendengar nasihatnya Imam Syafi’i, “Sesungguhnya kehidupan pemuda itu,…

Continue reading ‘Kolaborasi’ antara Iman, ilmu, dan amal