#15 Tarawih Balapan

#webseriesramadhan | Serial Marbot Madani | By: O. Solihin Viral sebuah video yang merekam shalat tarawih super cepat. Durasinya cuma 29 detik, menggambarkan sekelompok orang yang shalat 2 rakaat. Cepat banget. Bacaan al-Fatihah nggak jelas. Rukuk dan sujudnya nggak tumaninah. Ini jadi bahan obrolan dan diskusi di berbagai grup WhatsApp, Telegram, dan juga di obrolan…

Continue reading #15 Tarawih Balapan

#14 Rokok Pak Guru

#webseriesramadhan | Serial Marbot Madani | By: O. Solihin Yasin pegel ati. Mangkel bin jengkel. Ia kecewa dengan beberapa guru di sekolahnya. Sebenarnya ini udah lama banget dan setiap hari juga sebelum Ramadhan udah sering menyaksikan beberapa guru yang merokok di ruang guru. Tapi apa daya, dia nggak berani protes setiap kali mengantarkan buku tugas…

Continue reading #14 Rokok Pak Guru

#13 Tentang Cinta

#webseriesramadhan | Serial Marbot Madani | By: O. Solihin “Jadi, dalam diri setiap manusia itu punya potensi kehidupan. Terdiri dari naluri dan kebutuhan jasmani. Gharaiz dan hajatul udlowiyah. Manusia memiliki naluri mempertahankan diri, naluri melestarikan jenis, dan naluri untuk mensucikan sesuatu. Sementara kebutuhan jasmani, manusia pasti ada rasa lapar, haus, harus buang air besar dan buang air…

Continue reading #13 Tentang Cinta

#12 Nasi Goreng Pak Baik

#webseriesramadhan | Serial Marbot Madani | By: O. Solihin Entah siapa nama aslinya yang sesuai di KTP-nya. Tapi bagi anak-anak kampung sebelah, dijuluki Pak Baik. Ia berkeliling jualan nasi goreng menggunakan gerobak dorong. Perawakannya sedang. Tidak gemuk tidak kurus. Tingginya sekira 165 sentimeter. Kumisnya tipis, dan kalo tersenyum tambah manis. Harga nasi goreng sajiannya terbilang…

Continue reading #12 Nasi Goreng Pak Baik

#11 Faqih Fi-Game

#webseriesramadhan | Serial Marbot Madani | By: O. Solihin Sejak iklan game online yang melecehkan guru itu muncul, langsung menuai protes masyarakat. Bahkan ada yang membuat petisi online segala. Aji dan anak-anak Marbot Madani (eh, jadi beneran nih mau pake tambahan “marbot”?) juga ikutan heboh. Bukan pengen nyoba game online-nya, lho. Tapi ikutan protes. Bentuk…

Continue reading #11 Faqih Fi-Game

#10 Ulah Dulah

#webseriesramadhan | Serial Marbot Madani | By: O. Solihin “Bang, tukang obat digebukin orang!” Dulah tergopoh nyamperin Bang Faisal yang lagi ngidupin sepeda motor matic-nya. “Eh, ada apa ini, Dulah? Kok ujug-ujug ngasih tahu begini?” Bang Faisal heran. Dulah, anak kampung sebelah yang biasa ikut kajian umum untuk anak-anak di Masjid Daarun Niaam menceritakan secara rinci kejadian…

Continue reading #10 Ulah Dulah

#9 Bang Rhompal

#webseriesramadhan | Serial Marbot Madani | By: O. Solihin Shalat tarawih malam ini di Masjid Daarun Niaam ada yang spesial. Penceramah kultumnya mirip Bang Haji Rhoma Irama. Kontan heboh seisi masjid. Terutama emak-emak dan calon emak-emak. Ada yang histeris malah. Untungnya nggak ada yang melempar bunga segala. Untungnya lagi kalo pas ada yang ngelempar bunga nggak berikut…

Continue reading #9 Bang Rhompal