Nggak Tahu? Ya Belajar, Yuk!

Sobat, saya pernah dapetin keterangan dari salah seorang guru ngaji saya yang menyampaikan pendapat seorang ulama tentang tipe-tipe orang yang bisa kita temukan dalam kehidupan ini. Pertama, orang yang tahu dan dia tahu kalo dirinya tahu. Kelompok ini insya Allah bisa diajak berpikir. Malah tinggal bergandengan bersama untuk menciptakan kebaikan. Kedua, orang yang tahu kalo…

Continue reading Nggak Tahu? Ya Belajar, Yuk!

Teman Tipe Setan

Dalam ‘biografi’ setan yang gue tahu, doi tuh nggak ada baik-baiknya sedikitpun. Selalu bikin rese dengan cara menggoda manusia untuk ngajak or berbuat maksiat. Keahlian dan tugasnya adalah sangat lihai dalam ngomporin manusia untuk urusan yang gelap nan maksiat. Jadi, kalo sepasang kekasih gelap (ini barang BM kali ya? You know BM? BM tuh black…

Continue reading Teman Tipe Setan

Dakwah Bukanlah Hiburan

Ada baiknya kita mengetahui definisi dakwah. Nah, kata dakwah adalah derivasi dari bahasa Arab “Da’wah”. Kata kerjanya da’aa yang berarti memanggil, mengundang atau mengajak. Ism fa’ilnya (alias pelaku) adalah da’i yang berarti pendakwah. Di dalam kamus al-Munjid fi al-Lughoh wa al-a’lam disebutkan makna da’i sebagai orang yang memangggil (mengajak) manusia kepada agamanya atau mazhabnya. Itu…

Continue reading Dakwah Bukanlah Hiburan

Kuatkan Iman Kita

Apa sih definisi iman itu? Menurut Ustadz Taqiyuddin an-Nabhani, akidah atau iman adalah pembenaran yang pasti (tahsdiiq al-jaazim) yang sesuai dengan kenyataan berdasarkan dalil. Prof. T.M Hasbi ash-Shiddiqy juga berpendapat bahwa, “Iman ialah kepercayaan yang kuat, tidak dipengaruhi oleh syak (ragu-ragu) atau wahm (persangkaan yang tidak beralasan) ataupun zhann (persangkaan yang tidak memiliki alasan kuat).…

Continue reading Kuatkan Iman Kita

Muhasabah Diri

Allah Swt. berfirman (yang artinya): “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS al-Hasyr [59]: 18) Ayat ini merupakan isyarat untuk melakukan muhasabah setelah amal berlalu. Karena itu Umar bin…

Continue reading Muhasabah Diri

Ada Niat untuk Berubah, Ada Hidayah

Orang yang selalu berbuat maksiat belum tentu maksiat selamanya. Asalkan dia ingin berubah menjadi baik, ada niat dan usaha untuk mewujudkannya, insya Allah ada jalan untuk menjemput hidayah. Ada kisah menarik yang perlu menjadi inspirasi bagi kita. Pernah mendengar kisah Syaikh Fudail bin Iyadh? Bagi yang pernah tahu, beliau adalah salah satu guru Imam asy-Syafii.…

Continue reading Ada Niat untuk Berubah, Ada Hidayah

Saling Memaafkan Itu Tanda Perhatian

Iya, kalo nggak mau ngasih maaf dan juga nggak mau minta maaf, itu tandanya udah nggak saling cinta dan sayang lagi. Udah nggak peduli dan perhatian. Itu sebabnya, saling memaafkan dan meminta maaf adalah bagian dari tanda perhatian kita. Bayangin aja kalo kita cuek kan nggak mungkin mau bela-belain nyambungin lagi persaudaraan yang putus. Bisa…

Continue reading Saling Memaafkan Itu Tanda Perhatian