Jangan Kagumi Orang Kafir

Ada sebagian di antara kita yang merasa kagum dengan keberhasilan orang kafir di berbagai bidang kehidupan. Mengagumi pencapaian teknologinya, silau dengan kemajuan ilmu pengetahuannya, merasa takjub dengan megahnya infrastruktur di negara-negara mereka. Sehingga, seringkali hal itu melupakan posisinya sebagai umat terbaik, hanya karena saat ini umat Islam tak sehebat orang-orang kafir. Ada pula yang malah…

Continue reading Jangan Kagumi Orang Kafir

Muslim dan Covid-19

Benar bahwa kita sebagai manusia khawatir kena penyakit. Itu sebabnya, berusaha menjaga kesehatan. Bahkan ketika akhirnya harus sakit pun, berusaha untuk sembuh. Dicari dokter dan obat mujarab. Artinya, kita semua khawatir akan rasa sakit dan kematian. Namun, tetaplah tenang. Nggak usah panik. Sakit itu kehendak Allah Ta’ala. Kematian pun pasti akan menimpa setiap makhluk yang…

Continue reading Muslim dan Covid-19

Punya Mantan Pacar? Baca Buku Ini!

Alhamdulillah, buku “Lupakan Mantanmu!” sudah terbit, sudah ada di toko buku. Kamu bisa langsung berburu untuk membelinya. Ini edisi spesial lho, karena buku ini menjadi ‘pendamping’ buku saya sebelumnya, “Jomblo’s Diary”. Ya, ini berdekatan. Maka, ‘lahirnya’ juga kayak kembaran. Maksudnya, jeda waktu terbitnya hanya 1 bulan. Oya, apa sih isi buku ini? Ini soal mantan…

Continue reading Punya Mantan Pacar? Baca Buku Ini!

Ayo, Bangun dari Tidurmu!

Pernah lihat buih di lautan? Ya, terombang-ambing di tengah gelombang. Perumpamaan yang masuk akal dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Kita, jumlahnya banyak. Tetapi kita mudah dilecehkan, dihina, dipermainkan hingga dibantai musuh-musuh Islam. Kaum muslimin tercerai-berai dalam lebih dari 50 negara. Kehebatan dan kemuliaannya terborgol dalam kotak-kotak sempit bernama nasionalisme, golongan, kelompok, partai, komunitas. Sungguh…

Continue reading Ayo, Bangun dari Tidurmu!

Angka 14 dan 40

Namanya Muhammad Qois Abdul Qowiy. Lahir pada 12 Oktober 2000. Itu di Hari Kamis, setelah Maghrib menjelang Isya. Tepatnya jam 19:04 WIB. Ya, ini cerita tentang anak pertama saya. Sudah bujangan, usianya sudah 14 tahun pada 12 Oktober 2014 ini. Di tahun ini, saya sendiri sudah melewati usia 40 tahun. Jadi pada 2014 ini, angka…

Continue reading Angka 14 dan 40

Mengapa Harus Galau?

Sobat, nggak cukupkah Allah Ta’ala. ngasih nikmat buat kita? Nggak nyadar kalo kita udah diberi waktu untuk hidup? Saat kita bangun pagi, membaca doa, lalu berpikir sejenak: “Aku masih hidup, terima kasih ya Allah. Engkau telah memberikan kesempatan bagiku untuk menjemput karunia-Mu yang besar dan berlimpah di dunia ini”. Subhanallah, kalo semua orang berpikiran demikian,…

Continue reading Mengapa Harus Galau?

Ketika Ukhuwah Tak Lagi Indah

Memulai memang berat, tapi lebih berat lagi merawatnya. Sebab, orang yang selalu ber­sama itu bukan tak mungkin muncul gesekan di antara keduanya. Kamu yang sama-sama aktif di Rohis sekolah, bisa juga muncul benih-benih yang bisa merapuhkan ikatan ukhuwah. Perbedaan pendapat dalam hal-hal yang umum dan mubah bisa saja terjadi. Misalnya, ketua Rohis ingin bikin acara…

Continue reading Ketika Ukhuwah Tak Lagi Indah