“Ini Capresku, Mana Capresmu?”

Genderang perang antar pendukung capres sudah dimulai. Dibantu oleh sosial media yang kini kian menjadi senjata untuk mengumbar informasi, mengarahkan opini, bahkan mengibuli orang lain dengan fakta dan data palsu. Saling serang antar pendukung Prabowo dan Jokowi ini memperlihatkan bahwa seolah-olah pemilihan calon presiden negeri ini dikondisikan antara hidup dan mati, sehingga harus memilih satu…

Continue reading “Ini Capresku, Mana Capresmu?”

Apa yang Kita Kejar?

Setiap orang punya rencana dan punya tujuan dalam hidupnya. Seharusnya memang seperti itu. Namun adakalanya banyak orang justru tak punya rencana dan tujuan dalam hidupnya. Akibatnya ada dua kemungkinan. Pertama, dia tak bergairah dalam hidupnya, karena tak memiliki tantangan untuk menggapai apa yang seharusnya direncanakan dan menjadi tujuan hidupnya. Kedua, ketiadaan rencana dan tujuan hidup…

Continue reading Apa yang Kita Kejar?

Ketika Ukhuwah Tak Lagi Indah

Memulai memang berat, tapi lebih berat lagi merawatnya. Sebab, orang yang selalu ber­sama itu bukan tak mungkin muncul gesekan di antara keduanya. Kamu yang sama-sama aktif di Rohis sekolah, bisa juga muncul benih-benih yang bisa merapuhkan ikatan ukhuwah. Perbedaan pendapat dalam hal-hal yang umum dan mubah bisa saja terjadi. Misalnya, ketua Rohis ingin bikin acara…

Continue reading Ketika Ukhuwah Tak Lagi Indah

Nggak Tahu? Ya Belajar, Yuk!

Sobat, saya pernah dapetin keterangan dari salah seorang guru ngaji saya yang menyampaikan pendapat seorang ulama tentang tipe-tipe orang yang bisa kita temukan dalam kehidupan ini. Pertama, orang yang tahu dan dia tahu kalo dirinya tahu. Kelompok ini insya Allah bisa diajak berpikir. Malah tinggal bergandengan bersama untuk menciptakan kebaikan. Kedua, orang yang tahu kalo…

Continue reading Nggak Tahu? Ya Belajar, Yuk!

Jilbab, Identitas Muslimah

Muslimah taat syariah, pasti akan mengenakan jilbab dan kerudung ketika keluar rumah. Soalnya, jilbab dan kerudung adalah pakaian untuk menutupi aurat muslimah. So, kerudung dan jilbab bukan cuma untuk nunjukkin ke orang-orang bahwa dirinya sebagai muslimah, sementara dirinya justru melanggar syariat Islam lainnya. Pake kerudung dan jilbab tapi sekuler, pake kerudung dan jilbab tapi hedonis,…

Continue reading Jilbab, Identitas Muslimah

Teman Tipe Setan

Dalam ‘biografi’ setan yang gue tahu, doi tuh nggak ada baik-baiknya sedikitpun. Selalu bikin rese dengan cara menggoda manusia untuk ngajak or berbuat maksiat. Keahlian dan tugasnya adalah sangat lihai dalam ngomporin manusia untuk urusan yang gelap nan maksiat. Jadi, kalo sepasang kekasih gelap (ini barang BM kali ya? You know BM? BM tuh black…

Continue reading Teman Tipe Setan

Jangan Jadi Musyrik!

Orang yang syirik alias menyekutukan Allah Swt. disebut musyrik. Contoh yang sederhana bisa kita jumpai lho dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pas mo bikin rumah, banyak orang ngitung hari yang baik biar pembangunannya lancar. Maka primbon deh yang orang-orang pake atau nanya ke ahli Hongsui untuk nentuin posisi rumah yang bisa aman ditempati dan banyak bikin…

Continue reading Jangan Jadi Musyrik!