Bukan Cinta Biasa

Sobat muda muslim, Salman al-Farisi demi cintanya kepada kebenaran. Ia rela mencari agama yang sanggup mencerahkan pikiran dan mengobati kegundahan jiwanya. From Persia With Love. Yup, boleh dibilang ‘pengembaraan’ Salman al-Farisi begitu. Sebab, dengan cinta di dada untuk mencari kebenaran, beliau rela jauh-jauh dari Persia berkelana sampe terdampar di Madinah. Bertemu Rasul dan masuk Islam.…

Continue reading Bukan Cinta Biasa

Cinta Buta Membawa Sengsara

Cinta ini setua umur manusia. Itu artinya, bahwa cinta udah hadir sejak Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah Swt. Cinta terus ada sampe sekarang, bahkan sangat boleh jadi hingga akhir dunia ini. Cinta tuh boleh dibilang everlasting alias ada terus selama kehidupan masih berlangsung di dunia ini. Selalu enak dibicarakan dan asyik ditulis. Namun, jika…

Continue reading Cinta Buta Membawa Sengsara

Muliakan Cintamu

Sebagai muslim, tentunya kita harus punya aturan yang jelas dan benar dari ajaran yang benar pula. Supaya apa? Supaya kekuatan cinta (yang dimiliki) ditujukan untuk sesuatu yang benar. Bukan yang salah. Agar dalam mengekspresikannya pun benar pula sesuai tuntunan syariat. Oke? Nah, agar efek dari kekuatan cinta yang kita miliki bermanfaat dan benar, maka harus…

Continue reading Muliakan Cintamu

Jangan Tergesa Ungkapkan Cinta

Ah, jatuh cinta sih boleh aja. Nggak ada yang ngelarang kok. Tapi kamu tetep cool, jangan keburu geer kalo ada lawan jenis yang membalas senyummu. Jangan pula tergesa ungkapkan cinta, karena jujur saja, tak selamanya manusia bisa mengendalikan cinta. Itu sebabnya, biasa aja kalo kamu kebetulan mendadak jadi suka sama teman kamu yang lawan jenis.…

Continue reading Jangan Tergesa Ungkapkan Cinta

Sampai Kapan Menunggu Siap Menikah?

Seorang teman pernah bercerita, ia ingin sekali menikah. Tapi ia masih ragu dengan dirinya sendiri: “Adakah seorang gadis yang mau menikah denganku?” “Masih pantaskah aku berharap cinta dari seseorang yang mau menerima keadaanku yang seperti ini?”. Mungkin saja tipe ikhwan yang seperti ini agak-agak kurang percaya diri. Tapi, ternyata memang ada juga yang seperti ini.…

Continue reading Sampai Kapan Menunggu Siap Menikah?

Cinta Sejati, Mencintai Nabi

Buku yang terdiri dari 11 bab singkat ini ditulis oleh Ustad Abdurrahman al-Baghdadi, ulama kelahiran Libanon yang telah lama mukim di Indonesia. Buku ini beliau tulis bersama Fathi Syamsuddin an-Nawiy. Ketika pertama kali disodorkan buku ini oleh Pak Abdul Hakim dari Gema Insani, saya langsung menyusun ide untuk menuliskan resensinya.

Misteri Puisi Cinta Itu…

Begitu dibuka dan dibaca isinya, mimik muka Helmi berubah pias. Ogi dan kawan-kawan saling berpandangan seolah ingin tahu reaksi Helmi berikutnya.