Antara Amal dan Niat

Dari Amirul Mukminin, Umar bin Khathab ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya segala amal perbuatan bergantung kepada niatnya dan tiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka ia akan mendapatkan pahala hijrah karena Allah dan Rasulullah. Barang siapa yang hijrahnya karena faktor duniawi…

Continue reading Antara Amal dan Niat

Teruslah Meningkatkan Keilmuan Kita

Selain iman yang wajib dikuatkan, ilmu kita wajib ditingkatkan lho. Untuk apa? Agar kita bisa memahami banyak masalah dan memberikan solusinya. Ilmu ibarat obor penerang di kelamnya malam. Ilmu adalah pelita. Bayangin deh kalo kita nggak punya ilmunya, niatnya memperbaiki sepeda motor yang rusak, malah akhirnya tambah parah. Apalagi kalo kita cuma mahir bongkarnya doang…

Continue reading Teruslah Meningkatkan Keilmuan Kita

Surga Pengen, Beramal Ogah

Lucu ya, pengen masuk surga, tapi ogah beramal. Hmm.. ini sih bukan hanya lucu, tapi juga aneh bin ajaib. Emangnya surga gratis? Nggak lha yauw. Kita-kita aja masih was-was, khawatir amalan baik selama ini nggak keterima karena mungkin nggak ikhlas. Lebih sedih lagi seharusnya jika kita berharap surga tapi nggak pernah (atau sedikit) beramal baik.…

Continue reading Surga Pengen, Beramal Ogah

‘Kolaborasi’ antara Iman, ilmu, dan amal

Keimanan yang kita miliki akan menjadi sia-sia jika tak memiliki ilmu. Itu sebabnya, kewajiban setelah kita beriman adalah mencari ilmu. Sabda Rasulullah saw.: “Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi pendalaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar.” (HR Bukhari) Rasanya perlu juga mendengar nasihatnya Imam Syafi’i, “Sesungguhnya kehidupan pemuda itu,…

Continue reading ‘Kolaborasi’ antara Iman, ilmu, dan amal

Hati-hati dengan Sum’ah

Apa arti sum’ah? Kamu udah tahu? Yup, sum’ah itu adalah sikap atau sifat senang dan gemar memperdengarkan amal perbuatan yang telah ia lakukan kepada orang lain dengan harapan agar orang lain menyanjung dan memujinya. Sum’ah ini sebenarnya bagian dari penyakit riya’, ‘ujub, dan takabur. Tapi dengan fokus penjelasan yang sedikit berbeda. Sobat, sikap sum’ah ini…

Continue reading Hati-hati dengan Sum’ah

Yang bertambah, yang berkurang

Bagaimana dengan usia? Ada ukurannya juga. Bahkan umur manusia itu, jika dihubungkan dengan amal dan perjalanan hidup manusia di dunia, nampak jelas ada kaitannya. Menurut Imam ar-Razi, umur manusia itu ibarat modal (tentu saja ada ukurannya). Sementara modal umur itu terus berkurang, tidak bertambah. Allah Swt berfirman (yang artinya): “Demi waktu. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS al-Asr [103]: 1-3)