Malpraktek terhadap syariat Islam

Kita perlu berpikir serius mengenai hal ini Bro en Sis. Gimana nggak, kita sering menghadapi kenyataan bahwa banyak kaum muslimin yang salah dalam mengamalkan syariat Islam, dan malah lebih parah lagi tidak mengamalkan syariat Islam meski ngakunya muslim. Padahal, akibatnya bisa fatal lho. Kalo di dunia medis saja ada istilah malpraktek yang bikin nyawa orang…

Continue reading Malpraktek terhadap syariat Islam

Jilbab, Identitas Muslimah

Muslimah taat syariah, pasti akan mengenakan jilbab dan kerudung ketika keluar rumah. Soalnya, jilbab dan kerudung adalah pakaian untuk menutupi aurat muslimah. So, kerudung dan jilbab bukan cuma untuk nunjukkin ke orang-orang bahwa dirinya sebagai muslimah, sementara dirinya justru melanggar syariat Islam lainnya. Pake kerudung dan jilbab tapi sekuler, pake kerudung dan jilbab tapi hedonis,…

Continue reading Jilbab, Identitas Muslimah

Jangan Jadi Musyrik!

Orang yang syirik alias menyekutukan Allah Swt. disebut musyrik. Contoh yang sederhana bisa kita jumpai lho dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pas mo bikin rumah, banyak orang ngitung hari yang baik biar pembangunannya lancar. Maka primbon deh yang orang-orang pake atau nanya ke ahli Hongsui untuk nentuin posisi rumah yang bisa aman ditempati dan banyak bikin…

Continue reading Jangan Jadi Musyrik!

Pahami Islam dari Sudut Pandang Islam

Memahami Islam dari sudut pandang Islam ini perlu dan wajib kita lakukan. Sebabnya, nggak mungkin dong kita akan memahami Islam tapi menggunakan kacamata Barat atau kacamata sekularisme. Itu sama artinya nggak bakalan nemuin kejelasan. Kalo memahami Islam, wajib dari sudut pandang Islam. Jadi nih, kalo ada yang bilang bahwa Islam itu bias gender karena nggak…

Continue reading Pahami Islam dari Sudut Pandang Islam

Ramadhan dan Media Massa

Keberadaan media (saluran atau channel) dalam komunikasi massa, menurut pakar komunikasi politik AS Harold D. Laswell adalah mutlak. Saluran komunikasi atau media massa inilah yang akan menyalurkan atau menyebarkan pesan (massage) dari komunikator ke komunikan dan akan memberikan efek pada keduanya. Ada empat aktivitas pokok yang menjadi fungsi media massa antara lain: Pengawasan lingkungan; Korelasi…

Continue reading Ramadhan dan Media Massa

Jangan Cuma Bisa Bilang: “Cinta”

Jangan pernah ucapkan kata cinta jika kita masih tak bisa memberikan pengorbanan terbesar dalam hidup kita demi yang kita cintai. Jangan sampe keluar kata cinta jika kita tak berani membela yang kita cintai. Sebab, cinta bukan hanya ucapan yang manis di bibir, bukan kata yang kedengarannya indah di telinga, dan bukan pula tulisan yang membuat…

Continue reading Jangan Cuma Bisa Bilang: “Cinta”

Bebas, Tapi Jangan Bablas

Begitu banyak orang saat ini setuju dan mengagumi kebebasan dan menerapkannya untuk dirinya dan juga masyarakat serta negara. Bahkan dengan kebebasan yang mutlak. Tanpa aturan yang jelas, tanpa batasan. Sekilas kebebasan tanpa batas adalah ide yang menyelamatkan manusia, mengakomodir perasaan terdalam manusia, tetapi benarkah demikian? Tidak! Saya berani mengatakan bahwa konsep kebebasan mutlak itu hanyalah…

Continue reading Bebas, Tapi Jangan Bablas