Apa yang Kita Kejar?

Setiap orang punya rencana dan punya tujuan dalam hidupnya. Seharusnya memang seperti itu. Namun adakalanya banyak orang justru tak punya rencana dan tujuan dalam hidupnya. Akibatnya ada dua kemungkinan. Pertama, dia tak bergairah dalam hidupnya, karena tak memiliki tantangan untuk menggapai apa yang seharusnya direncanakan dan menjadi tujuan hidupnya. Kedua, ketiadaan rencana dan tujuan hidup…

Continue reading Apa yang Kita Kejar?

Jangan Ragu, Cobalah Hal Baru

Bro en Sis, waktu saya kelas 3 sampe kelas 5 SD (tahun 1983-1985), sering banget diajak sama ayah saya naik bis ke Jakarta. Paling nggak sebulan sekali. Maklum, ayah saya adalah seorang sopir bis AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), trayeknya Kuningan-Jakarta. Dulu mah belum ada jalan tol Jakarta-Cikampek. Terus terminalnya juga masih di Cililitan. So,…

Continue reading Jangan Ragu, Cobalah Hal Baru

Nggak Tahu? Ya Belajar, Yuk!

Sobat, saya pernah dapetin keterangan dari salah seorang guru ngaji saya yang menyampaikan pendapat seorang ulama tentang tipe-tipe orang yang bisa kita temukan dalam kehidupan ini. Pertama, orang yang tahu dan dia tahu kalo dirinya tahu. Kelompok ini insya Allah bisa diajak berpikir. Malah tinggal bergandengan bersama untuk menciptakan kebaikan. Kedua, orang yang tahu kalo…

Continue reading Nggak Tahu? Ya Belajar, Yuk!

Teman Tipe Setan

Dalam ‘biografi’ setan yang gue tahu, doi tuh nggak ada baik-baiknya sedikitpun. Selalu bikin rese dengan cara menggoda manusia untuk ngajak or berbuat maksiat. Keahlian dan tugasnya adalah sangat lihai dalam ngomporin manusia untuk urusan yang gelap nan maksiat. Jadi, kalo sepasang kekasih gelap (ini barang BM kali ya? You know BM? BM tuh black…

Continue reading Teman Tipe Setan

Fokuslah dalam Bidang Tertentu

Saran ini bukan berarti menghalangi kreativitas diri kita. Nggak. Sama sekali bukan itu tujuannya. Hanya saja, seseorang yang fokus terhadap satu bidang keahlian yang sangat diminatinya dan dinikmatinya akan memberikan efek kreativitas dan ketahanan mental juang yang lebih baik ketimbang mereka yang ingin meraih segalanya untuk bisa dikuasai atau mereka yang merasa beban dalam menekuni…

Continue reading Fokuslah dalam Bidang Tertentu

Menjaga Islam dengan Ilmu

Pasti kamu pada kenal deh dengan Aisyah ra? Yup, beliau adalah putri pertama dari pasangan Abu Bakar ash-Shiddiq Abdullah bin Abu Quhafah dan Ummu Ruman binti Amir. Rasulullah saw. menikahi Aisyah pada usia enam tahun setelah Siti Khadijah wafat. Dan Aisyah baru tinggal satu atap dengan Rasul di usianya yang menginjak sembilan tahun. Aisyah adalah…

Continue reading Menjaga Islam dengan Ilmu

‘Kolaborasi’ antara Iman, ilmu, dan amal

Keimanan yang kita miliki akan menjadi sia-sia jika tak memiliki ilmu. Itu sebabnya, kewajiban setelah kita beriman adalah mencari ilmu. Sabda Rasulullah saw.: “Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi pendalaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar.” (HR Bukhari) Rasanya perlu juga mendengar nasihatnya Imam Syafi’i, “Sesungguhnya kehidupan pemuda itu,…

Continue reading ‘Kolaborasi’ antara Iman, ilmu, dan amal