Profilku

Nama lengkap saya, Oleh Solihin. Dalam buku-buku yang saya tulis, cukup disingkat dengan nama: O. Solihin. Saya anak lelaki dari pasangan Bapak Jana Sujana dan Ibu Endang Sudarni. Anak pertama dari enam bersaudara. Lahir pada 12 Februari 1974 di Desa Legok, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Saya berhasil menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama di Kabupaten Kuningan (SDN Legok 1–lulus tahun 1986, Kecamatan Cidahu dan SMPN Cidahu–lulus tahun 1989). Lalu melanjutkan ke SMAKBo (Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor, lulus tahun 1993). Kemudian untuk memperdalam ilmu tambahannya, saya memutuskan kuliah di FISIP Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Terbuka, dan alhamdulilah berhasil (juga) meraih gelar sarjana meski dengan ‘babak belur’ berjuang selama 6 tahun.

Buku-buku yang telah saya tulis mulai Mei 2002 hingga tahun Februari 2011 sudah lebih dari 45 buku. Ada yang ditulis sendiri, tapi ada juga yang ditulis duet dengan sahabat-sahabat saya. Beberapa di antaranya adalah: Jangan Jadi Bebek; Jangan Jadi Seleb (duet dengan Iwan Januar); Jangan Nodai Cinta (duet dengan Iwan Januar); Hitam-Putih Dunia Remaja; Remaja, Media dan Idola; Menjadi Penulis Hebat; Andai Kamu Tahu (Jangan Jadi Bebek 2); Secret Admirer; Bangkit Dong, Sobat!; LOVING YOU Merit Yuk! (duet dengan Hafidz341); How to Get Married (antologi bersama 11 penulis lainnya); Yes! I am MUSLIM; Save Our Soul (Jangan Jadi Bebek 3); Gaul Tekno Tanpa Error; Jangan Bilang Cinta; Muda Luar Biasa! [melek dunia, paham agama], Jomblo’s Diary; NGAJI: Sampai Nanti Sampai Mati ; dan buku lainnya (termasuk 28 buku saku yang berhasil dibuatnya antara tahun 2005-2007).

Saya pernah mengasah keterampilan jurnalistik dengan menjadi redaktur Majalah PERMATA dalam tiga periode penerbitan (1994; 1996-1998; dan 2002-2004); redaktur di Majalah MIMBAR di Jakarta (sepanjang tahun 2000); Majalah al-Waie (2000-2002); dan menjadi Pemimpin Redaksi di Majalah SOBAT MUDA (2004-2006). Sebelum gabung di Majalah PERMATA, saya pernah menjadi instruktur untuk pelajaran keterampilan komputer di Lembaga Pendidikan Komputer AL-FIKRI Sukabumi, milik kawan saya dan ditempatkan di Pondok Modern Assalam Parungkuda, Sukabumi hampir sepanjang tahun 1996.

Sekarang saya menetap di Bogor bersama jodoh pertama, Nur Handayani serta kelima anak kami: Qais, Rafi’, Sausan, Thariq, dan Ulfa. Serta jodoh kedua saya, Di Shinta Weni Suminar Sari. Selain menulis buku, saya juga pernah mengelola wirausaha penerbitan buletin STUDIA bersama beberapa orang rekan dan sekaligus menjadi Pemimpin Redaksi buletin remaja yang sudah terbit sejak tahun 2000 itu hingga Oktober 2007. Kini, sejak 29 Oktober 2007 saya dan beberapa kawan menggarap buletin remaja GAULISLAM (edisi cetak dan internet) dan kembali menjadi editornya. Kegiatan lainnya, saya menjadi instruktur kelas Menulis Kreatif di Rumah Gemilang Indonesia, dan menjadi pembicara di berbagai acara kajian keislaman, seminar, pelatihan menulis, dan bedah buku.  Selain website pribadi ini, saya juga memiliki website khusus kepenulisan dan membimbing langsung dalam kursus menulis online di [menuliskreatif].

Aktivitas lainnya, saya alhamdulillah cukup rajin mengisi siaran sebagai narasumber untuk membahas tema-tema remaja di Radio KISI 93.4 FM Bogor dalam program [klinik] gaulislam yang sudah berlangsung sejak 23 Juli 2008 hingga sekarang. Saya juga mengisi program N3T (Nggak Ngaji Nggak Trendy dengan rubrik: Remaja Shalihin; Fresh! Air; dan Taman Curhat Remaja) di Radio MARS 106 FM Bogor. Menjadi Instruktur Kelas Menulis Kreatif di Pusdiklat Rumah Gemilang Indonesia Sawangan dan di Pesantren MEDIA Bogor. Jika Anda ingin mengajukan kritik, memberi saran, sekadar say hello, kenalan, konsultasi, atau mungkin saja ingin mengundang saya untuk mengisi acara, bisa dikirim langsung deh ke email: sholihin [at] gmx [dot] net atau HP: +628179949470[]