Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Konsultasi » Ngilangin sifat egois

Ngilangin sifat egois

(1145 Views) Sabtu, 14 Januari 2012 23:58 | Published by | No comment

Ilustrasi | gambar dari: filsafat.kompasiana.com

Tanya:

Asslmwrwb. SaYA MAU Nnya. gMn cR’a Bwt ngLNGn eg0is, SPrt’a sY Trlalu e90is mW MNAng cNDri. aPKH SY HrZ Sring2 intr0peksi diri ya… Pibi, Bojonggede [+6285668794xxx]
Jawab:
Wa’alaykum salam warahmatullah wa barakatuh.
Dik Pibi di Bojonggede, kita emang kudu banyak interospeksi terhadap diri sendiri. Sebisa mungkin kita mengevaluasi diri kita secara reguler. Bisa tiap malam. Sebelum tidur kita mengingat-ingat kejadian dari bangun tidur sampai mau tidur kembali. Kira-kira lebih banyak kebaikannya atau malah keburukannya yang meningkat pada hari tersebut. Kalo kemudian dikalkulasikan dalam seminggu, sebulan, atau setahun. Insya bisa mengukur apa yang telah kita lakukan. Khusus untuk masalah egois atau ingin menang sendiri dalam beberapa hal, keliatannya kamu perlu sadar diri bahwa sikap egois itu nggak baik.

Cara ngilanginnya? Satu, kamu kudu empati dengan teman lain. Sebab, mereka juga punya hak untuk bisa didengerin omongannya or saran-sarannya. Kamu nggak mau juga kan kalo dikacangin bin didiemin? Dua, hargai perbedaan. Selama perbedaan itu bukan dalam masalah akidah/iman boleh-boleh aja berbeda pendapat. Tiga, biasakan kerjasama. Nah, di situ kamu akan rasakan manfaatnya punya teman untuk saling ingatkan. Oke?

Salam,

O. Solihin

Tags: , ,
Categorised in: ,

No comment for Ngilangin sifat egois

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *