Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Konsultasi » Karakteristik Esai

Karakteristik Esai

(1155 Views) Selasa, 27 September 2011 13:54 | Published by | No comment

Pertanyaan:

assalamu’alaikum Wr.Wb

Langsung saja. Saya mau tanya tentang apa saja karakteristik dari esai? Saya ingin tahu apa yang membedakannya dengan opini, lalu format penulisannya sebaiknya seperti apa?

Terimakasih telah berkenan menerima saya berkonsultasi.

Pengirim: Yance Arizona

Jawaban:

‘alaikumussalam wr wb

Salam kenal dan terima kasih atas kiriman e-mailnya. Semoga kita semua diberkahi oleh Allah Swt. Esai sebenarnya (hampir) sama saja dengan opini. Sebab, definisi dari esai itu sendiri adalah karangan prosa (bukan menggunakan kaidah puisi) yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Itu sebabnya, artikel di media massa itu bertaburan data-data teknis, tapi lebih ke arah pemaparan sepintas lalu dan itu murni pendapat pribadi penulisnya setelah membaca pendapat lain dari begitu banyak karya yang telah dibacanya. Opini juga adalah pendapat si penulis terhadap suatu masalah. Jadi sama saja.

Format penulisan esai biasanya dimulai dari membeberkan fakta yang hendak dinilai menurut pendapat kita. Itu sebabnya harus kuat di data dan bahan yang mendukung penulisan tersebut. Kemudian menganalisis fakta tersebut menurut pengamatan kita. Jika perlu diberikan saran, ya kita sampaikan saran kita. Jika perlu dikritisi, sampaikan juga alasan kita. Baru terakhir kesimpulan kita. Bisa mendukung fakta tersebut, bisa juga menolaknya. Singkatnya demikian.

Untuk persiapan menulisnya, bisa menentukan tema apa yang akan kita tulis. Lalu mengumpulkan bahan dan data untuk mendukung tulisan kita. Proses selanjutnya bisa langsung saja menulis. Tapi tak ada salahnya juga jika kita membuat kerangka tulisan (outline) untuk tujuan agar tulisan kita fokus. Tidak melebar ke mana-mana. Efefktif dan efisien sesuai keperluannya.

Demikian, semoga bermanfaat dan selamat menulis esai.

Salam,

O. Solihin

Tags: , ,
Categorised in: ,

No comment for Karakteristik Esai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *